Lembaga yang Memberikan Pinjaman Syariah Tanpa Riba di Indonesia



Banyak orang berpikir bahwa mendirikan suatu usaha sendiri merupakan solusi dengan adanya krisis finansial saat ini. Namun lagi-lagi Mereka banyak terkendala dengan adanya modal atau dana. Banyak dari mereka juga takut untuk melakukan suatu pinjaman dengan adanya riba. Jangan begitu melakukan suatu pinjaman secara Syariah bisa menjadi solusi yang tepat.

Dan inilah beberapa pinjaman syariah tanpa adanya riba yang bisa Anda coba.

1. Perbankan syariah

Hal pertama yang bisa menjadi solusi yaitu dengan perbankan syariah sistem yang biasanya digunakan oleh perbankan syariah yaitu dengan metode sistem kemitraan dengan cara membagi hasil keuntungan dan membagi peluang. Dengan sistem kemitraan ini maka tidak perlu cemas Mitra perbankan syariah dengan adanya metode bunga yang mungkin akan sangat berfluktuasi.

Jika anda menjadi Mitra perbankan syariah ini maka anda juga dapat melakukan pengeluaran pinjaman. Karena benjolan ini akan ditangguhkan bersama-sama dari kedua belah pihak. Jika nanti kemungkinan anda tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut maka akan dicari solusi yang paling tepat untuk mencari jalan keluar dari kedua sisi pihak.

2. Online

Solusi kedua yaitu melalui online. Dengan banyaknya lembaga keuangan saat ini telah dikembangkan adanya lembaga keuangan secara online baik itu berupa bank maupun non bank. Lembaga keuangan non bank tersebut saat ini banyak dipilih karena simpel dan juga lebih efektif. Mereka dapat memberikan pinjaman syariah secara online. Pinjaman tersebut saat ini dikenal dengan Peer to Peer atau (P2P). Pinjaman tersebut merupakan salah satu pinjaman berbasis syariah yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan non-bank.

Salah satu lembaga keuangan non-bank online yaitu Amartha. Amartha merupakan lembaga keuangan online yang menyediakan layanan peer to peer pinjaman dan investasi syariah. Tidak perlu khawatir bagi anda mitra yang berada di pedesaan atau di daerah yang bukan merupakan pusat kota, karena saat ini Amartha menyediakan platform online yang dapat diakses oleh siapa saja. Dengan menggunakan P2P Syariah ini maka pemberi dan juga penerima dana akan mendapatkan keuntungan.
Dari sisi penerima akan mendapatkan keuntungan karena mereka akan mendapatkan dana dan juga bantuan untuk mendirikan suatu usaha atau mengembangkan usaha tersebut. Sedangkan untuk pemberi peminjaman dana tersebut juga akan mendapatkan keuntungan. Baik itu berupa suatu bunga yang dibayar oleh penerima pinjaman atau bisa juga Suatu bentuk manfaat jasa yang digunakan.

3. Kartu kredit

Cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan kartu kredit. Bahkan untuk penggunaan kartu kredit ini telah di ketetapan dalam peraturan. Dalam peraturan tersebut mencakup tentang penggunaan kartu kredit Syariah. Yaitu tidak menerapkan adanya suatu sistem riba atau penggunaan bunga yang berlebih.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan pinjaman tanpa adanya riba.

Belum ada Komentar untuk "Lembaga yang Memberikan Pinjaman Syariah Tanpa Riba di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel