Diprediksi Jadi Tren Otomotif, Apa Keunggulan yang Ditawarkan Mobil Listrik?

 


Sejak beberapa tahun terakhir, mobil listrik menjadi salah satu primadona yang dipertimbangkan konsumen saat hendak mengambil cicilan Mitsubishi. Minat terhadap jenis mobil ini bertambah seiring naiknya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan. Lalu, sebesar apa potensi yang ditawarkan mobil listrik? Bagaimana perkembangannya di pasar otomotif?


Pergerakan mobil listrik di pasar otomotif


Berdasarkan riset yang diterbitkan DBS, volume penjualan mobil listrik diprediksi naik 24% per tahun hingga mencapai 22,3 juta unit pada tahun 2030. Beberapa negara dengan jumlah penduduk terbanyak seperti India dan Tiongkok menjadi target pemasaran mobil ramah lingkungan tersebut. Indonesia kemungkinan besar akan menyusul mengingat populasinya merupakan salah satu yang terbanyak di Asia.


Namun demikian, produsen yang ingin memasarkan mobil listrik di Indonesia harus memerhatikan model mobil yang akan dijual. Pasalnya, sebagian masyarakat tanah air masih mengincar mobil keluarga atau sejenis yang memiliki daya tampung besar. Hal tersebut yang membuat prospek mobil dengan ukuran kecil masih belum bagus jika produsen ingin memproduksinya untuk kendaraan listrik.


Keunggulan yang ditawarkan mobil listrik


Jalan mobil listrik sebagai kendaraan sejuta umat di Indonesia memang masih panjang dan memerlukan proses yang tak sebentar. Meski begitu, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengenal jenis kendaraan tersebut, termasuk keunggulannya selain mobil ramah lingkungan.


·         Memakai baterai

Berbeda dari kendaraan dengan bahan bakar minyak, mobil listrik mengandalkan baterai sebagai sumber energi penggeraknya. Konsumsi yang lebih irit membuat harga sumber energinya menjadi lebih terjangkau. Di sisi lain, mobil ini mempunyai laju yang lebih kencang bahkan hingga mencapai 120 kilometer per jam.

·         Aman dikendarai

Keamanan berkendara dengan mobil listrik pun tak perlu diragukan karena sebagian besar produsen sudah menyesuaikan komponen-komponennya. Sebut saja Intelligent Transport System, sebuah teknologi canggih yang hanya diaplikasikan pada mobil listrik yang tujuannya untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara.

·         Pemeliharaan mudah dan efektif

Mobil listrik membutuhkan maintenance yang cukup mudah dan efektif mengingat sumber energinya adalah listrik, bukan bahan bakar minyak. Artinya, Anda tak akan repot mengganti oli atau cairan lain untuk menjaga kinerja mobil agar tetap prima.


Kendati masih membutuhkan pengembangan dan sosialisasi, kedatangan mobil listrik di Indonesia diharapkan bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang memerlukan kendaraan dengan tetap memerhatikan lingkungan sekitar.

Belum ada Komentar untuk "Diprediksi Jadi Tren Otomotif, Apa Keunggulan yang Ditawarkan Mobil Listrik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel